Minggu, 28 Juni 2015

CONTOH PRESS RELEASE
Salah satu tugas seorang Public Relation adalah membuat Press Release. Press release adalah pernyataan tertulis ke media. Biasanya press release dibuat sebelum event berlangsung. Berikut adalah contoh press release:

Contoh Press Release

Kartasura(18/10), HMJ KPI IAIN Surakarta menyelenggarakan acara yang bertajuk “Malam Pengakraban”. HMJ KPI mengadakan Malam Pengakraban yang bertepatan dengan dimulainya tahun ajaran baru 2014. Makrab HMJ KPI IAIN Surakarta diadakan pada tanggal 18 Oktober 2014 sampai dengan 19 Oktober 2014. Tidak hanya anggota aktif HMJ KPI saja yang hadir, alumni-alumni juga turut memeriahkan kegiatan Himpunan Mahasiswa Jurusan KPI. Sesuai dengan tujuan awal, acara ini diadakan sebagai upaya untuk tetap menjalin komunikasi bagi keluarga besar HMJ KPI IAIN Surakarta.

Acara dimulai pukul 10.00 dan dibuka dengan sambutan dari Wibowo Aji S sebagai Ketua BEM HMJ KPI, disambung dengan Dwi Potyes Meyvarta, Ketua Panitia Makrab KPI 2014. Sambutan selanjutnya oleh Kajur KPI Eny Susilowati, S.Sos, M.SI. Dan sambutan terakhir dan pelepasan oleh Dekan FUD H. Abdul Matin Bin Salman, Lc., M.Ag.  Agenda selanjutnya adalah pemberangkatan mahasiswa KPI menuju Desa Berjo, Kecamatan Ngergoyoso, Kabupaten Karang Anyar.

Dalam acara Makrab KPI kali ini mengusung tema Mengeratkan Kekeluargaan dari Angkatan Lama dan Angkatan Baru. Adapun kegiatan yang dilakukan para mahasiswa KPI dari angkatan 2007-2014 adalah Photography, Hunting Photo, Saserahan dan Outbound.

Sebelum hunting photo para peserta dibekali pengetahuan dasar tentang teknik-teknik dasar dalam penggunaan kamera. Setelah workshop singkat tersebut para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang tersebar untuk memulai kegiatan Photography, dan Hunting Photo. kegiatan itu dilakukan pada tanggal 18 Oktober 2014, Sore hari. Dalam kegiatan tersebut para mahasiswa mendapat arahan untuk memotret objek landscape, journalistic dan model dengan dibimbing oleh mahasiswa yang lebih ahli.
Lalu malam harinya diadakan malam saserahan. Malam puncak dari acara Makrab HMJ KPI pada acara itu semua peserta mendapat pengetahuan lebih tentang tiga konsentrasi KPI yaitu broadcasting, journalistic  dan public relation.Dalam acara saserahan tersebut juga mengundang beberapa alumni KPI yang telah sukses pada bidangnya.

Dan para peserta makrab diberi kesempatan untuk saling sharing pengalaman dengan para senior. Ada yang hanya sekedar bertanya tentang keunggulan masing-masing konsentrasi, peluang kerja masing-masing konsentrasi hingga saling bertukar cerita tentang pengalaman hidup. Tidak hanya itu, di malam saserahan peserta makrab juga disuguhi sebuah video kreatif dari kakak tingkat. Dan beberapa foto tentang kegiatan para mahasiswa KPI. Di malam pengakraban itu para peserta mendapat sebuah wejangan dari kakak tingkat ‘Mahasiswa KPI harus gila’ gila dalam makna positif yaitu kreatif dan tampil beda.

Pagi hari tanggal 19 Oktober 2014 peserta makrab dibebaskan untuk berkeliling hanya sekedar jalan-jalan, bertegur sapa dengan penduduk yang kebetulan sedang kerja bakti di hari minggu atau melanjutkan kegiatan hunting photo. Pukul 9 pagi para peserta dikumpulkan disebuah lapangan untuk melakukan kegiatan selanjutnya yaitu outbound. Kegiatan outbound ini bertujuan untuk mengakrabkan masing-masing angkatan agar semakin kompak yang akan berdampak pada perkembangan HMJ KPI ke depannya.

Written by
Cita Eka Pertiwi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar